Rabu, 25 November 2009

Perubahan Struktur Perekonomian Negara

Analisa yang dilakukan oleh Chenery mirip sekali dengan perubahan struktur ekonomi dalam peroses pembangunan yg telah di uraikan pada bagian yang lalu. Tujuan dari analisa yang baru ini terutama adalah juga untuk menunjukan bentuk-bentuk perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek kegiatan ekonomi apabila tingkat pembangunan ekonomi menjadi bertambah tinggi.

Secara lengkap faktor-faktor yg di analisa oleh Chenery untuk menunjukan perubahan dalam struktur eknomi dalam peroses pembangunan dan cara-cara yang di gunakan untuk menunjukan corak perubahan. Pertumbuhan ekonomi yang di alami negara-negara yang berkembang ciri-cirinya adalah :

1.Tabungan dan pembentukan modal. Tingkat tabungan dan pembentukan modal di mengalami peningkatan yang cukup besar, yaitu karena dana yang di gunakan untuk pembentukan modal berasal dari tabungan. Dengan demikian makin besar tingkat tabungan biasanya makin besar pula tingkat pembentukan modal.
2.Pendapatan pemerintah. Tingkat pendapatan yang dapat di kumpulkan oleh pemerintah sangat besar di sebabkan oleh kenaikan dalam tingkat penerimaan pemerintah dari perpajakan.
3.Pendidikan. Dalam menggambarkan pengembangan yang di capai dalam bidang pendidikan sepanjang peroses pembangunan di gunakan dua macam indikator, yaitu :


1.Besarnya pengeluaran di nyatakan dalam presentasi dari produk Domestik Bruto untuk pendidikan.
2.Banyaknya anak-anak yang berada di sekolah dasar dan sekolah menengah.

4. Struktur pemerintah Domestik. Untuk enunjukan ciri-ciri perubahan struktur Domestik di gunakan empat macam peroses perubahan, yaitu :

1. Dalam tingkat pembentukan modal.
2. Dalam tingkat konsumsi rumah tangga.
3. Dalam tingkat konsumsi pemerintah.
4. Dalam tingkat konsumsi bahan makanan

5. Struktur produksi. Mengenai corak perubahan struktur produksi dalam peroses pembangunan dalam menyelidiki yang baru ini memperkuat kesimpulan hasil-hasil yang telah di oleh sebelumnya mengenai ciri-ciri perubahan struktur ekonomi dalam peroses pembangunan.

6. Struktur perdagangan. Peranan ekspor dalam kegiatan ekonomi nasional menjadi bertambah penting dan peranan yang bertambah penting ini di sebabkan oleh bertambahnya peranan ekspor barang-barang industri pengolahan dan ekspor jasa-jasa. Sedangkan ekspor bahan mentah menurun peranannya.

7. Penggunaan tenaga kerja. Corok perubahan presentasi tenaga kerja yang di gnakan di berbagai sektor mengalami perubahan. Pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju sejak abad yang lalu, yaitu dalam menampung tenaga kerja sektor prtanian menurun peranannya, sektor industri meningkat peranannya dan sektor jasa juga meningkat peranannya

8. Urbanisasi, tingkat kelahiran dan kematian. Ahli-ahli ekonomi telah menyadari bahwa pembangunan ekonomi di ikuti oleh perubahan dalam proporsi penduduk ygang tinggal di daerah urban, dan penurunan dalam tingkat kelahiran dan kematian.

9. Distribusi pendapatan. Dalam proses pembangunan di perhatikan perubahan bagian pendapatan nasional yang di terima oleh 40% dari keseluruhan penduduk tergolong sebagai penerima-penerima pendapatan terendah dan perubahan bagian dari pendapatan nasional yang di terima oleh 20% dari keseluruhan jumlah penduduk yang pendapatannya tergolong sebagai pendapatan yang paling tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar